6 Fitur WhatsApp Yang Belum Banyak di Ketahui


WhatsApp merupakan salah satu aplikasi sosial sangat banyak digunakan untuk berkomunikasi, seperti untuk mengirim pesan singkat, mengirim file maupun berbagi video. Selain itu WhatsApp ternyata mempunyai sejumlah fitur-fitur tersembunyi yang tentunya patut untuk dicoba.

Baca Juga :

Fitur tersembunyi tersebut sebenarnya sangat membantu penggunya WhatsApp itu sendiri, pengguna bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk memudahkan dalam melakukan berbagai hal, seperti menghemat konsumsi data, menyimpan chat ke dalam bentuk teks dan pastinya untuk menjaga privasi.

Berikut ini merupakan beberpa fitur tersembunyi yang ada di WhatsApp, penasaran ingin mencobanya? Berikut saya rangkumkan sepuluh fitur tersembunyi WhatsApp yang patut kamu tau.

1. Backup Percakapan
Jika kamu hendak mengganti ponsel baru maka sebaiknya kamu membuat cadangan data-data percakapan kamu sehingga jika berganti ponsel, semua percakapan lama dapat dipulihkan kembali.

Caranya masuk ke Pengaturan WhatsApp kemudian cari tab Chat > Chat Backup. nantinya kamu bisa memilih untuk menyimpan data percakapan ke dalam Google Drive. Untuk melakukannya kamu cukup memasukkan akun Gmail kamu, dan mengatur pada WhatsApp supaya aplikasi otomatis melakukan backup dalam waktu tertentu.

2. Menghentikan Download Otomatis
Jika kamu yang hobi mengirim atau menerima berbagai media  di whatsapp seperti foto dan media lainnya, pastinya tau media tersebut dikirimkan melalui WhatsApp secara otomatis akan terunduh. Tentunya hal tersebut akan menguras konsumsi data yang cukup besar.

Untuk mengatasinya kamu bisa mengatur sedikit setelan agar berbagai media yang diterima tidak secara otomatis terunduh. Caranya, masuk ke menu Setelan kemudian pilih Penggunaan data, dan pada Unduh otomatis media kamu bisa mengatur untuk unduhan otomatis tersebut.

3. Menyimpam Percakapan Dalam Bentuk Teks
WhatsApp menyediakan fitur dimana kamu bisa menyimpan berbagai percakapan ke dalam bentuk teks. Dimana teks percakapan tersebut bisa berguna untuk menjadi sebuah arsip percakapan kamu.

Untuk cara menyimpan percakapan dalam bentuk teks sangatlah mudah, caranya buka tab obrolan yang ingin kamu simpan dalam bentuk teks. Kemudian  klik pada tiga titik yang terdapat di sebelah kanan atas aplikasi, kemudian  pilih Lainnya dan terakhir pilih Email Chat.

Disini kamu bisa memilih apakah kamu ingin menyimpan teks saja atau menyertakan berbagai media yang ada dalam percakapan tersebut. Nantinya akan muncul email untuk mengirimkan percakapan tersebut.

4. Menyembunyikan Last Seen
WhatsApp mempunyai fitur dimana pengguna bisa saling melihat kapan waktu terakhir online. Namun, ada beberapa orang yang merasa terganggu privasinya dengan fitur tersebut. Namun kamu  bisa menyembunyikan fitur last seen tersebut untuk menjaga privasi kamu.

Untuk menyembunyikan fitur last seen, pilih menu Setelan>Account dan Privacy. Kemudian pada Last Seen, dan pilih tab Last Seen. Kamu akan melihat beberapa setelan untuk pengaturan Last Seen seperti Everibody agar semua orang bisa melihat Last Seen tersebut, My Contact hanya orang-orang yang ada pada daftar kontak WhatsApp yang bisa melihat last seen dan Nobody agar tidak seorang pun yang bisa melihat informasi kapan kamu terakhir online.

5. Sembunyikan Tanda Read
Bila kamu tidak ingin penerima pesan kita mengetahui status pesan
Tanda centang biru menandakan bahwa pesan yang dikirmkan sudah dibaca oleh penerimanya. Namun, bila kamu tidak ingin teman chat kamu mengetahui status pesan kamu sudah dibaca atau belum, maka kamu bisa mengubahnya pada menu Setelan.

Masuk ke menu Setelan > Akun > Privasi. Dan pada siapa yang dapat melihat informasi pribadi saya, kamu bisa mengubahnya dari Terakhir dilihat, Foto profil, info maupun Status. Untuk menyembunyikan tanda baca kamu bisa mengubahnya pada Terakhir dilihat menjadi Tidak ada. Maka semua orang tidak akan melihat pesan yang dikirimkannya sudah dibaca atau belum.

6. Blokir Kontak
Jika kamu sering mendapatkan pesan spam, kamu bisa blokir pesan tersebut dengan mudah. WhatsApp memberikan fitur untuk memblokir orang mengirim spam kepada kamu dengan mudah.

Untuk caranya, kamu buka terlebih dulu percakapan dengan orang yang ingin diblokir tersebut. Kemudian sentuh menu tiga titik yang terdapat di bagian kanan atas aplikasi, selanjutnya pilih Lainnya, dan pilih Blokir maka pemblokiran selesai.

Itulah beberapa fitur WhatsApp yang mungkin patut kamu coba. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel